Sabtu, 31 Agustus 2013

FLORA INDONESIA BARAT



FLORA INDONESIA BARAT
Flora Indonesia bagian barat meliputi berbagai jenis tanaman yang tumbuh di Pulau Sumatra, Jawa, Kalimatan, dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Jenis flora Indonesia bagian barat memiliki persamaan dengan tumbuhan yang terdapat di Asia.

Pulau
Jenis Flora
Sumatera
pinus, kamper, meranti, kayu besi, kayu manis, beringin, dan raflesia
Jawa
jati meranti, mahoni, beringin, pinang, bunga anggrek, dan bugenvil
Kalimantan 
ramin, kamper, meranti, besi, jelutung, bakau, pinus, dan rotan
Flora di Indonesia sangatlah banyak. Hal ini pasti dipengaruhi oleh berbagai faktor yang mendukung persebaran tersebut. Diantaranya adalah tinggi rendah dari permukaan laut, jenis tanah, jenis hutan, iklim, pengaruh manusia, keadaan air dan lain-lain. Berikut ini adalah pembagian wilayah persebaran flora di Indonesia :
Flora daerah Indonesia bagian barat memiliki banyak kesamaan dengan Benua Asia, karena daerah ini pernah bersatu dengan daratan Asia, sehingga disebut sebagai flora asiatis. Flora Indonesia bagian barat terdiri dari :
1)      Hutan hujan tropik yang ditandai oleh rimba belantara dengan tumbuhan yang beraneka ragam. Hutan hujan tropik yang masih lengkap memiliki ciri – ciri berdaun lebar, pohon tinggi besar, belukar – belukar tropik, serta cendawan. Wilayah ini terdapat di Sumatra, Jawa dan Kalimantan.
2)      Hutan musim yang merupakan daerah yang ditumbuhi flora yang menggugurkan daunnya di musim kemarau. Wilayah ini terdapat di wilayah utara Jawa.
3)      Hutan bakau yang merupakan daerah yang terdiri dari flora khas pantai, seperti rumbia, nipah dan bakau.
4)      Sabana tropik yang merupakan padang rumput yang diselingi pohon tegakan tinggi. Sabana tropik ini dapat ditemui di Gayo, wilayah timur Jawa Timur, dan  Bali.

Wilayah ini memiliki berbagai jenis vegetasi, antara lain :
1)      Sabana tropik yang berada di Nusa Tenggara Barat.
2)      Steppa yang merupakan padang rumput yang diselingi pohon tegakan tinggi. Steppa banyak terdapat di Nusa Tenggara Timur.
3)      Hutan bakau yang terdiri dari nipah dan bakau.
4)      Hutan pegunungan yang terdiri dari cemara dan pinus.
            Wilayah ini memiliki berbagai flora yang disebut sebagai flora Asustralis, karena kesamaan flora antara wilayah Indonesia bagian timur dengan Australia. Kesamaan tersebut karena daratan ini pernah bersatu dengan daratan Australia. Flora bagian timur ini banyak terdapat di Papua. Jenis vegetasinya adalah hutan hujan tropik, hutan pegunungan, dll
Flora yang Terdapat di Indonesia Bagian Barat
http://t3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSsWDDsmy4OCy2HJUHqj4tCiTR_JZftbsw_6CW_llNS8pDUaHbA
Flora di wilayah Indonesia bagian Barat didominasi olehvegetasi hutan hujan tropis yang selalu basah. Hal ini dikarenakanpada kawasan ini mempunyai curah hujan dan kelembapan yangcukup tinggi. Jenis-jenis flora di kawasan ini memiliki kesamaanciri dengan flora di Benua Asia pada umumnya. Adapun flora tipeAsia (Asiatis) memiliki ciri-ciri, berikut ini.

1.      Memiliki berbagai jenis tumbuhan kayu yang berharga,
misalnya jati, meranti, kruing, mahoni, dan sejenisnya.
2.      Selalu hijau sepanjang tahun.
3.      Bersifat heterogen.
Selain itu, di wilayah Indonesia bagian Barat jugaterdapat tumbuhan endemik (hanya ada di daerahtersebut), yaitu Raflesia arnoldi di Sumatra.Wilayah Indonesia bagian Barat juga banyakdijumpai kawasan hutan mangrove (hutan bakau), antaralain di pantai Timur Sumatra, pantai Barat dan SelatanKalimantan, serta pantai Barat dan Utara Jawa.
http://t1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcS4josjF10k_D1G2TxSw2SkmafHIElvSLjLyXK2Il5-0xvckIuKeg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pengikut

 

@RAGIEL.Net. Copyright 2012 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Free Blogger Templates Converted into Blogger Template by Bloganol dot com